image

Hari minggu 27/04/2014, Liverpool Fc akan melawan Chelsea di Anfield. Banyak yang berpendapat bahwa pertandingan ini akan menentukan siapa yang akan menjuarai Premier League 2013-2014. Kondisi Liverpool sendiri sedang Top Fire,setelah memastikan target awal untuk Liga Champion musim depan,sekarang mereka tinggal 3 langkah lagi untuk menjuarai liga. Sedangkan Chelsea yang juga sedang berkompetisi di Liga Champion harus bekerja keras menahan gempuran Diego Costa dkk sehingga Sang Juru Taktir Jose Mourinho menggunakan jurus Special ” Parkir Bus “. Agar tidak kebobolan.
Di sisi Liverpool Sturridge masih di ragukan untuk masuk starter,Agger juga belum fit,sedangkan Henderson di hukum 3 laga tidak dapat bermain dan Steven Gerrard di kabarkan Cedera di tumit. Namun secara keseluruhan Punggawa Liverpool sangat siap. Apa lagi Suarez dan Sterling masih dalam Top Form. Berbanding terbalik dengan Chelsea,yang di jelaskan Oleh Mourinho untuk menggunakan tim cadangan. Selain itu juga Kubu Chelsea mendapat masalah internal setelah di kalahkan Sunderland di kandang sendiri. Mourinho dan Ramires di periksa FA. Bahkan Cech dan Hazard saat ini juga Cedera.
Seberapa besarkah peluang The Reds untuk menang melawan The Blues?

70 : 30 Liverpool akan menang

Penulis : Riko Reynaldi The Kopites Sambas

Iklan

KEPEMIMPINAN NABI YUSUF

Sebentar lagi kita akan memilih Presiden dan Wakil Presiden yang akan memimpin Bangsa Indonesia. Pastinya bangsa indonesia sudah banyak yang pandai untuk memilih siapa yang tepat. Dengan mengkisahkan kepemimpinan Nabi Yusuf semoga Bansa Indonesia faham dan dapat Ilham untuk memilih Presiden nanri. Karena itu sangat menentukan kemajuan Negara.

Sifat-sifat seorang pemimpin Pilihan:
Ada beberapa sifat yang perlu dimiliki oleh seorang
pemimpin yang akan mampu membawa bangsa ini ke
arah kejayaan. Di antara sifat-sifat itu adalah:
Kemampuan untuk mengambil keputusan benar
pada waktu yang tepat, Keberanian pribadi,
Kemauan kuat dan ketabahan, Bertanggung jawab,
Pribadi yang tenang, baik dalam kemenangan atau
kekalahan, Berpandangan jauh dan memiliki visi
yang jujur, Mengetahui kejiwaan para anggota yang
dipimpinnya, Saling mempercayai antara pemimpin
dengan anggotanya, Saling mencintai antara
pemimpin dengan anggotanya, Kepribadian yang kuat
dan berwibawa, Gesit, dan memiliki latar belakang
yang cemerlang. [6]
Untuk mengangkat bangsa ini dari keterpurukan
dan melepaskannya dari krisis multidimensional , kita
memerlukan pemimpin yang alim (cendekiawan
ulama) dan za’im atau seorang negarawan yang tidak
mementingkan dirinya, keluarganya dan kelompoknya
tapi negara dan bangsa menjadi pusat perhatiannya.
Kepemimpinan Nabi Yusuf a.s.
Mengapa kita perlu mencermati Kisah
kepemimpinan Nabi Yusuf a.s.:
1. Allah telah menyatakan bahwa kisah dalam
surat Yusuf ini diceritakan dengan baik agar
kita tidak melupakannya (lih. Yusuf ayat 3)
2. Dalam diri pribadi Yusuf dan saudara-
saudaranya terdapat pelajaran bagi orang-
orang yang mencarinya. (lihat surat Yusuf ayat
7)
3. Nabi Yusuf a.s. sebalum mencapai
kedudukannya sebagai pejabqat tinggi Mesir
harus melalui berbagai ujian dan cobaan
seperti: dibuang oleh kakak-kakaknya ke
sumur di gurun, dijadikan budak, digoda oleh
istri tuannya dan ujian berat di dipenjara
beberapa tahun.
4. Kondisi bangsa Mesir saat diangkatnya Nabi
Yusuf a.s. sebagai pejabat tinggi, hampir sama
dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini yang
dirundung krisis. Namun bangsa Mesir
dengan kepemimpinan Nabi Yusuf a.s. mampu
menanggulangi krisis dengan cepat.
Allah telah menggambarkan dalam Al quran
tentang perjalanan nabi Yusuf a.s. sejak kanak-kanak
sampai menjadi seorang pejabat tinggi di Mesir. Sejak
kecil beliau sudah memiliki berbagai kelebihan yaitu
telah dipilih oleh allah untuk menjadi seorang
pemipin dan Rasul dan diajari ta’wil mimpi. (lih
Yusuf 6)
Pada kesempatan ini kita akan mencermati
berbagai sifat yang dimiliki oleh Nabi Yusuf sebagai
pemimpin. Berikut ini urian singkatnya:
Bebeberapa sifat Nabi Yusuf sebagai
pemimpin:
1. Nabi Yusuf diberi hikmah dan ilmu
Allah berfirman:
ﻭَﻟَﻤَّﺎ ﺑَﻠَﻎَ ﺃَﺷُﺪَّﻩُ ﺀَﺍﺗَﻴْﻨَﺎﻩُ ﺣُﻜْﻤًﺎ ﻭَﻋِﻠْﻤًﺎ ﻭَﻛَﺬَﻟِﻚَ ﻧَﺠْﺰِﻱ ﺍﻟْﻤُﺤْﺴِﻨِﻴﻦَ
) 22(
Dan tatkala dia cukup dewasa, Kami berikan
kepadanya hikmah dan ilmu. Demikianlah Kami
memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat
baik. Yusuf 22)
1. Nabi Yusuf bersifat ukhrowi
2. Nabi Yusuf berbudi tinggi
3. Nabi Yusuf adalah orang yang ikhlas
Allah berfirman:
ﻭَﺭَﺍﻭَﺩَﺗْﻪُ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﻫُﻮَ ﻓِﻲ ﺑَﻴْﺘِﻬَﺎ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﻭَﻏَﻠَّﻘَﺖِ ﺍﻟْﺄَﺑْﻮَﺍﺏَ ﻭَﻗَﺎﻟَﺖْ
ﻫَﻴْﺖَ ﻟَﻚَ ﻗَﺎﻝَ ﻣَﻌَﺎﺫَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺇِﻧَّﻪُ ﺭَﺑِّﻲ ﺃَﺣْﺴَﻦَ ﻣَﺜْﻮَﺍﻱَ ﺇِﻧَّﻪُ ﻟَﺎ ﻳُﻔْﻠِﺢُ
ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻤُﻮﻥَ)23(ﻭَﻟَﻘَﺪْ ﻫَﻤَّﺖْ ﺑِﻪِ ﻭَﻫَﻢَّ ﺑِﻬَﺎ ﻟَﻮْﻟَﺎ ﺃَﻥْ ﺭَﺃَﻯ ﺑُﺮْﻫَﺎﻥَ ﺭَﺑِّﻪِ
ﻛَﺬَﻟِﻚَ ﻟِﻨَﺼْﺮِﻑَ ﻋَﻨْﻪُ ﺍﻟﺴُّﻮﺀَ ﻭَﺍﻟْﻔَﺤْﺸَﺎﺀَ ﺇِﻧَّﻪُ ﻣِﻦْ ﻋِﺒَﺎﺩِﻧَﺎ ﺍﻟْﻤُﺨْﻠَﺼِﻴﻦَ) 24(
Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di
rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan
dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu,
seraya berkata: “Marilah kesini.” Yusuf berkata: “Aku
berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah
memperlakukan aku dengan baik.” Sesungguhnya
orang-orang yang zalim tiada akan beruntung.
Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud
(melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan
Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan
wanita itu andaikata dia tiada melihat tanda (dari)
Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan
daripadanya kemungkaran dan kekejian.
Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami
yang terpilih.
1. Nabi Yusuf punya derajat tinggi di tengah
masyarakat
2. Nabi Yusuf a.s. bersifat amanah
3. Nabi Yusuf pandai menjaga kekayaan
negara
4. Nabi Yusuf berpengetahuan luas.
Semua cirri-ciri ini digambarkan dlam dua ayat
berikut.:
ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺍﻟْﻤَﻠِﻚُ ﺍﺋْﺘُﻮﻧِﻲ ﺑِﻪِ ﺃَﺳْﺘَﺨْﻠِﺼْﻪُ ﻟِﻨَﻔْﺴِﻲ ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﻛَﻠَّﻤَﻪُ ﻗَﺎﻝَ
ﺇِﻧَّﻚَ ﺍﻟْﻴَﻮْﻡَ ﻟَﺪَﻳْﻨَﺎ ﻣَﻜِﻴﻦٌ ﺃَﻣِﻴﻦٌ) 54( ﻗَﺎﻝَ ﺍﺟْﻌَﻠْﻨِﻲ ﻋَﻠَﻰ ﺧَﺰَﺍﺋِﻦِ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ
ﺇِﻧِّﻲ ﺣَﻔِﻴﻆٌ ﻋَﻠِﻴﻢٌ)55(
Dan raja berkata: “Bawalah Yusuf kepadaku, agar
aku memilih dia sebagai orang yang rapat kepadaku”.
Maka tatkala raja telah bercakap-cakap dengan dia,
dia berkata: “Sesungguhnya kamu (mulai) hari ini
menjadi seorang yang berkedudukan tinggi lagi
dipercaya pada sisi kami”.Berkata Yusuf: “Jadikanlah
aku bendaharawan negara (Mesir); sesungguhnya aku
adalah orang yang pandai menjaga, lagi
berpengetahuan.” (Q.S. Yusuf 54-55)
1. Nabi Yusuf adalah pemimpin yang pandai
memberi solusi
Allah berfirman:
ﻳُﻮﺳُﻒُ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟﺼِّﺪِّﻳﻖُ ﺃَﻓْﺘِﻨَﺎ ﻓِﻲ ﺳَﺒْﻊِ ﺑَﻘَﺮَﺍﺕٍ ﺳِﻤَﺎﻥٍ ﻳَﺄْﻛُﻠُﻬُﻦَّ ﺳَﺒْﻊٌ
ﻋِﺠَﺎﻑٌ ﻭَﺳَﺒْﻊِ ﺳُﻨْﺒُﻠَﺎﺕٍ ﺧُﻀْﺮٍ ﻭَﺃُﺧَﺮَ ﻳَﺎﺑِﺴَﺎﺕٍ ﻟَﻌَﻠِّﻲ ﺃَﺭْﺟِﻊُ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ
ﻟَﻌَﻠَّﻬُﻢْ ﻳَﻌْﻠَﻤُﻮﻥَ) 46( ﻗَﺎﻝَ ﺗَﺰْﺭَﻋُﻮﻥَ ﺳَﺒْﻊَ ﺳِﻨِﻴﻦَ ﺩَﺃَﺑًﺎ ﻓَﻤَﺎ ﺣَﺼَﺪْﺗُﻢْ
ﻓَﺬَﺭُﻭﻩُ ﻓِﻲ ﺳُﻨْﺒُﻠِﻪِ ﺇِﻟَّﺎ ﻗَﻠِﻴﻠًﺎ ﻣِﻤَّﺎ ﺗَﺄْﻛُﻠُﻮﻥَ)47( ﺛُﻢَّ ﻳَﺄْﺗِﻲ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِ ﺫَﻟِﻚَ
ﺳَﺒْﻊٌ ﺷِﺪَﺍﺩٌ ﻳَﺄْﻛُﻠْﻦَ ﻣَﺎ ﻗَﺪَّﻣْﺘُﻢْ ﻟَﻬُﻦَّ ﺇِﻟَّﺎ ﻗَﻠِﻴﻠًﺎ ﻣِﻤَّﺎ ﺗُﺤْﺼِﻨُﻮﻥَ) 48(ﺛُﻢَّ
ﻳَﺄْﺗِﻲ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِ ﺫَﻟِﻚَ ﻋَﺎﻡٌ ﻓِﻴﻪِ ﻳُﻐَﺎﺙُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﻭَﻓِﻴﻪِ ﻳَﻌْﺼِﺮُﻭﻥَ) 49(
Artinya: (Setelah pelayan itu berjumpa dengan Yusuf
dia berseru): “Yusuf, hai orang yang amat dipercaya,
terangkanlah kepada kami tentang tujuh ekor sapi
betina yang gemuk-gemuk yang dimakan oleh tujuh
ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir
(gandum) yang hijau dan (tujuh) lainnya yang kering
agar aku kembali kepada orang-orang itu, agar
mereka mengetahuinya.” Yusuf berkata: “Supaya
kamu bertanam tujuh tahun (lamanya) sebagaimana
biasa; maka apa yang kamu tuai hendaklah kamu
biarkan dibulirnya kecuali sedikit untuk kamu
makan. Kemudian sesudah itu akan datang tujuh
tahun yang amat sulit, yang menghabiskan apa yang
kamu simpan untuk menghadapinya (tahun sulit),
kecuali sedikit dari (bibit gandum) yang kamu
simpan. Kemudian setelah itu akan datang tahun yang
padanya manusia diberi hujan (dengan cukup) dan di
masa itu mereka memeras anggur.” ( Yusuf 46-49)
1. Nabi Yusuf a.s. orang yang jujur.
Allah menggambarkan hal itu sbb.:
ﻗَﺎﻟَﺖِ ﺍﻣْﺮَﺃَﺓُ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰِ ﺍﻟْﺂﻥَ ﺣَﺼْﺤَﺺَ ﺍﻟْﺤَﻖُّ ﺃَﻧَﺎ ﺭَﺍﻭَﺩْﺗُﻪُ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﻭَﺇِﻧَّﻪُ ﻟَﻤِﻦَ
ﺍﻟﺼَّﺎﺩِﻗِﻴﻦَ) 51(
Artinya: Berkata isteri Al Aziz: “Sekarang jelaslah
kebenaran itu, akulah yang menggodanya untuk
menundukkan dirinya (kepadaku), dan sesungguhnya
dia termasuk orang-orang yang benar.”
1. Nabi Yusuf aa.s. senantiasa berbuat ihsan
dan taqwa.
Allah berfirman:
ﻭَﻛَﺬَﻟِﻚَ ﻣَﻜَّﻨَّﺎ ﻟِﻴُﻮﺳُﻒَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻳَﺘَﺒَﻮَّﺃُ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺣَﻴْﺚُ ﻳَﺸَﺎﺀُ ﻧُﺼِﻴﺐُ
ﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻨَﺎ ﻣَﻦْ ﻧَﺸَﺎﺀُ ﻭَﻟَﺎ ﻧُﻀِﻴﻊُ ﺃَﺟْﺮَ ﺍﻟْﻤُﺤْﺴِﻨِﻴﻦَ)56( ﻭَﻟَﺄَﺟْﺮُ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ ﺧَﻴْﺮٌ
ﻟِﻠَّﺬِﻳﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ ﻭَﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻳَﺘَّﻘُﻮﻥَ)57(
Dan demikianlah Kami memberi kedudukan kepada
Yusuf di negeri Mesir; (dia berkuasa penuh) pergi
menuju ke mana saja yang ia kehendaki di bumi
Mesir itu. Kami melimpahkan rahmat Kami kepada
siapa yang Kami kehendaki dan Kami tidak menyia-
nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik. Dan
sesungguhnya pahala di akhirat itu lebih baik, bagi
orang-orang yang beriman dan selalu bertakwa.
1. Nabi Yusuf a.s. senantiasa menegakkan
keadilan;
Allah menggambarkannya sbb.:
ﻗَﺎﻝَ ﻣَﻌَﺎﺫَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺃَﻥْ ﻧَﺄْﺧُﺬَ ﺇِﻟَّﺎ ﻣَﻦْ ﻭَﺟَﺪْﻧَﺎ ﻣَﺘَﺎﻋَﻨَﺎ ﻋِﻨْﺪَﻩُ ﺇِﻧَّﺎ ﺇِﺫًﺍ ﻟَﻈَﺎﻟِﻤُﻮﻥَ
) 79(
Artinya: Berkata Yusuf: “Aku mohon perlindungan
kepada Allah daripada menahan seorang, kecuali
orang yang kami ketemukan harta benda kami
padanya, jika kami berbuat demikian, maka benar-
benarlah kami orang-orang yang zalim”.(Q.S Yusuf 79)
Itulah beberapa sifat yang dimiliki Nabi Yusuf
sebagai pemimpin negara. Mudah-mudahan kita bisa
memiliki pemimpin yang mempu mengangkat bangsa
ini dari krisis.
Wallahu a’lamu bis showab

Cara Membuat Skripsi Cepat

Lengkap 10 Rahasia!! Cara Mudah Menyelesaikan TA,
Thesis, Skripsi
TA-THESIS-SKRIPSI TA-Skripsi-Tesis atau apa aja
namanya memang dianggap menjadi suatu yang
menakutkan bagi mahasiswa, karena merupakan
prasyarat akhir sebelum wisuda, sebenarnya kalau
dicermati hal tersebut adalah mudah saja, hanya kita
sudah menganggapnya sesuatu hal yang sulit untuk
diselesaikan. Nah berikut akan dijelaskan langkah-
langkah mudah bagaimana menyelesaikan TA-Skripsi-
Tesis yang sebenarnya jika kita mau sedikit santai akan
terasa mudah bahkan akan dapat mengembangkan
wawasan anda apa arti penelitian lebih luas jika anda
menikmatinya… langkah-langkah dan segala sesuatu
hal yang diperlukan akan saya jelaskan sebagai
berikut:
1. Jangan Terlalu Idealis dan Perfeksionis
Banyak mahasiswa yang ingin penelitiannya lain
daripada yang lain dengan memaksakan idenya atau
ingin skripsinya sempurna, hehehe mungkin ingin
dianggap hebat dan lebih baik dari pada yang lainnya
wajar kok.
Tapi biasanya mereka yang demikian ini cenderung
kesulitan pada akhirnya dan menjadikan penelitiannya
malah gak selesai. Jadi intinya biasa aja ambil aja topik
atau kajian yang umum dan ringan-ringan aja, intinya
anda memahami apa yang akan anda teliti, percuma
kan anda meneliti tetapi anda tidak tau arah
penelitian anda nantinya. Karena pada intinya yang
namanya Ta-Skripsi-Thesis itu cuman pembelajaran
untuk mempelajari fenomena yang terjadi ketika anda
telah terjun ke lapangan, menjumpai temuan atau
permasalahan dan menemukan cara
menyelesaikannya. Kalau toh tetep ngeyel pengen
menuangkan ide yang pikiran anda sendiri nantinya
juga ga masalah kan, karena pada tahap awal anda
sudah belajar melakukan penelitian yang mudah,
sehingga tau bagaimana membuat suatu penelitian
yang lebih baik. Hehe intinya setelah belajar yang
mudah nanti yang sulitpun anda akan tetap bisa.
2. Mengambil Kajian Yang Sederhana
Ambil judul yang umum, jangan takut judul pasaran,
yang penting anda menguasai latar belakang dan
permasalahan dosen pasti akan berpikir dua kali untuk
gak acc judul anda. Contoh ringan ambil aja judul yang
ada di http://www.skripsi-gratis.co.cc/ ikuti
ketentuannya agar mendapatkan proposal gratisnya.
Ambil judul sembarang sesuai dengan kajian anda,
kemudian pelajari proposal atau bab 1- 3 yang
dikirimkan mulai pendahuluan, landasan teori dan
metpennya. Cara mempelajari yang baik adalah
dengan rileks dan santai umpamakan aja anda sedang
membaca buku, novel atau komik kesukaan anda. Jadi
ketika anda membaca buku, novel atau komik
kesukaan anda ketika ditanya jalan cerita anda bisa
menjelaskannya dengan mudah karena anda rilek dan
menyukai, nah kenapa membaca skripsi tidak seperti
itu hehehehe kan ntar kalau ditanya tentang skripsi
yang anda tulis anda pasti bisa menjelaskannya, nggak
perlu belajar lagi kan. Klo anda ambil topik yang sulit
meski anda tertarik kadang masih kesulitan memahami
dan sulit juga dalam mencari teori, belum lagi lagi
pasti banyak revisi yang bikin pusing dijamin dech ga
bakal cepet kelar tuch penelitian.
3. Menjalin Komunikasi Dengan Pembimbing (Dosen)
Sebenarnya klo mau jujur ga ada dosen pembimbing
yang mempersulit mahasiswa bimbingannya, yang ada
hanya mahasiswa yang merasa dipersulit, kenapa?
Penyebab utamanya biasanya adalah kita kurang
menguasai bahan atau topik penelitian kita, sehingga
ketika ditanya mahasiswa dianggap kurang bisa
menjelaskan, tentunya dosen menganggap hal ini akan
mempersulit mahasiswa nantinya dalam
mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya, nah
akhirnya dosen memberikan saran atau revisi agar
lebih mudah..hehehe. Tapi uniknya karena
kebanyakan mahasiswa hanya ya…pak, ya…bu
akhirnya mereka merasa kesulitan sendiri, karena
kebanyakan juga mereka ngga ngerti apa yang
dimaksudkan dosen pembimbing, nah disini
mahasiswa merasa dipersulit. (Lagian klo di logika
mana ada dosen yang suka mahasiswanya bimbingan
ga selesai2 mending kan cepet selesai trus ngerjain
yang lain ya …kan).
4. Jangan Pernah Takut Rumus Atau Angka
Kalau yang ini khusus buat mahasiswa ekonomi dan
fisip aja kali, hehehe soalnya jarang jg penelitian
hukum pake rumus. Artinya ketika akan menentukan
judul sebenarnya lebih mudah yang pake metode
kuantitatif daripada kualitatif, soalnya dengan
kuantitatif peneliti atau mahasiswa sudah punya hasil
analisis dalam bentuk angka yang sudah dihasilkan dari
hasil penelitiannya nah tinggal menjelaskan aja kan,
klo kualitatif wah kita harus pandai2 mengarang,
soalnya pertanyaan bisa lebih bermacam-macam.
Contohnya begini: Dari judul skripsi kuantitatif seperti
“Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap
Penjualan” dari judul itu paling kita hanya menjelaskan
seberapa besar aja pengaruh bauran promosi
terhadap penjualan. Dan hasil seberapa besar itu dah
ada di hasil analisis kita, kita juga hanya menjelaskan
ada pengaruh apa tidak yang hasil dan kriteria ada
atau tidaknya sudah ada di skripsi kita.
Klo judulnya kualitatif seperti “Pelaksanaan promosi
terhadap penjualan ptX” wah permasalahannya bisa
ribet kita harus paham benar pelaksanaan promosi
yang baik, kurangnya dimana, kita harus ngapain hehe
dan berbagai macam pertanyaan yang lainnya.
Masalah rumus santai aja, kenapa kita ngga pernah
takut ketika kita tau kalau rumus luas adalah panjang
x lebar, atau rumus segitiga setengah alas x tinggi, nah
kenapa kita sekarang takut klo rumus mencari
pengaruh adalah dengan menggunakan regresi y = a +
bx (rumus regresi sederhana), rumus cari hubungan
adalah korelasi, atau berbagai macam rumus lainnya,
Nah sebenarnya kan sudah bisa dijelaskan klo rumus
ya rumus ga mungkin kita disuruh menjelaskan kenapa
rumus luas itu panjang x lebar ia kan.
Gampangnya rumus itu kaya alat ngolah data aja
supaya tau hasilnya, dapat kita terjemahkan
umpamanya ada ikan dan kita ingin ikan masak, maka
untuk menggoreng ya pake penggorengan, untuk
merebus ya pake panci, untuk membakar ikan
tersebut ya harus pake panggangan, tidak mungkin
kita merebus dengan minyak goreng dan
penggorengan, tidak mungkin kita ingin ikan bakar tapi
kita masukkan ikan tersebut kedalam air mendidih,
sama seperti alat masak tadi, rumus juga alat kenapa
takut…
5. Pahami Tahap Penyusunan Penelitian
Biar penelitian cepat selesai sebenarnya kita hanya
perlu belajar tentang tahapan penyusunan aja mulai
pendahuluan sampai kesimpulan, memang lain lain
kampus lain pula cara atau format penulisannya tapi
pada intinya sama. Adapun tahapan yang umum dari
penulisan ta-skripsi-thesis adalah sebagai berikut:

Pendahuluan

Bab ini berisi latar belakang kenapa kita mengambil
judul, secara umum menggambarkan secara singkat
tentang topik yang akan kita bahas. Selanjutnya adalah
permasalahan/masalah penelitian dimana dari latar
belakang tadi kita mengemukakan permasalahan yang
ada untuk diselesaikan, kemudian ada tujuan
penelitian dimana dalam sub bab ini kita
mengemukakan tujuan yang pada intinya tujuan
merupakan gambaran dari permasalahan yang harus
kita selesaikan jadi masalah dan tujuan harus sinkron
atau mudahnya tujuan pada intinya ya harus
menyelesaikan masalah. Selanjutnya adalah manfaat
atau kegunaan penelitian dimana dalam sub bab ini
biasanya menjelaskan manfaat dari penelitian yang
kita lakukan. Biasanya manfaat ini terbagi atas
manfaat praktis dan teoritis, tetapi ada juga yang
menggunakan model menunjukkan kegunaan manfaat
bagi penulis, perusahaan, dan peneliti lain. Tetapi
pada intinya sub bab manfaat penelitian ini harus
mampu menunjukkan apa manfaat penelitian yang
dilakukan ini ke depan. Dan biasanya ada yang
ditambahkan dengan sistematika penulisan, yang berisi
bentuk kerangka penulisan kita mulai dari
pendahuluan hingga penutup.

TEORI DAN HIPOTESIS

Selanjutnya setelah menjelaskan pendahuluan, maka
suatu penelitian yang baik harus didasari oleh teori-
teori yang baik pula, mudahnya kita tidak bisa dengan
mudah mengambil suatu judul misal “pengaruh bauran
promosi terhadap penjualan pt.x” tanpa kita
menjelaskan apa arti bauran promosi, apa arti
penjualan dll. Nah disinilah pentingnya bab landasan
teori, kerangka teori, tinjauan pustaka atau apapun
namanya diperlukan dalam suatu skripsi atau thesis.
Hal tersebut dikarenakan dalam bab ini akan
menjelaskan definisi dari sesuatu (variabel-variabel)
yang akan kita teliti sesuai dengan pendapat para ahli
yang telah ahli di bidangnya dalam bentuk literatur
atau buku penunjang. Setelah menjelaskan masing-
masing akhirnya kita dapat menentukan hipotesis/
dugaan (untuk penelitian menggunakan hipotesis) atau
bahasa mudahnya setelah kita membaca dan
menyajikan teori dari para ahli kemudian kita
menduga, nah adanya dugaan ini kita sesuaikan
dengan permasalahan dan tujuan dari penulisan.
Misalnya kalau tujuannya berisi “untuk menganalisis
pengaruh secara bersama-sama” tentu saja hipotesis
atau dugaannya adalah “diduga ada pengaruh secara
bersama sama” demikian seterusnya.

METODE PENELITIAN

Dalam bab ini berisi urutan atau tata cara dalam
membuktikan dugaan/hipotesis yang ada. Biasanya
berisi variabel yang kita teliti, lokasi, populasi sampel,
sumber data, teknik pengumpulan data dan setelah
data kita peroleh, tentu saja yang terakhir adalah cara
kita mengolah data tersebut sesuai permasalahan,
tujuan dan hipotesis yang ada, dimana dikenal dengan
Teknik Analisis Data. Dalam Teknik analisis data kita
sesuaikan apakah pakai kuanti atau kuali, kalau kuanti
pake rumus apa, dan juga apa kriterianya. (Makanya
rumus cuman alat untuk mencari hasil saja)

HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN

Bab ini berisi temuan dilapangan dan dengan
menggunakan metode penelitian dan teknik analisis
yang telah dijelaskan akan disajikan hasil penelitian
dan selanjutnya dibahas apa hasilnya sesuai dengan
permasalahan, tujuan dan hipotesis yang telah
dikemukakan sebelumnya, nah selanjutnya tinggal
dibuat kesimpulanya dimana kesimpulan ini juga harus
sesuai dengan permasalahan, tujuan dan hipotesis
yang telah dikemukakan. NAH MUDAH BUKAN!!

6. DAFTAR PUSTAKA (JANGAN TAKUT MEMODIFIKASI
ISI SKRIPSI)
Seperti ketika kita kesulitan untuk mencari bahan
literatur yang baru, santai aja ganti aja literatur tahun
lama dengan tahun yang baru, lagian pasti kalau judul
pengarangnya sama pasti isinya juga sama cuman
beda halaman aja, yang penting biar ga ketahuan ganti
juga daftar pustakanya. Dari pengalaman saya sejak
tahun 1998-2008 dalam membuat skripsi jarang juga
dosen yang cek sampai detail paling 5 dosen dari 100
mahasiswa. (dalam 1 semester 40-50 orang mahasiswa
yang saya bantu). Kalau masalah kesulitan data
modifikasi aja tahunnya jadi yang terbaru (untuk data-
data tertentu aja yang ga bisa dimodifikasi misalnya
yang berkaitan dengan saham atau pemerintahan tapi
kalau u yakin jg ga masalah yang penting bisa
menjelaskan).

7. JANGAN MELIHAT HASIL TEMAN

Jangan pernah membandingkan hasil penelitian anda
dengan hasil teman anda, yang ada anda hanya akan
bingung karena belum tentu metode teman sama
dengan punya anda, yang penting anda belajar dan
yakin aja punya anda yang terbaik.

8. PERHATIKAN WAKTU BIMBINGAN

Sekiler apapun pembimbing menurut anda tapi kalau
anda memilih waktu yang tepat pasti anda akan
dibimbing dengan benar, artinya kita juga harus
memperhatikan saat akan bimbingan dosen lagi sibuk
apa nyantai, nah misalnya dengan menanyakan
apakah dosen pembimbing ada waktu, soalnya kalau
mereka pas lagi sibuk2nya ya jangan salah kan kalau
dibaca sekilas ya mending kalau di acc tapi kalau
dicoret2 dan kita ngga sempat diskusi payah kan. .

9. JANGAN TAKUT DEADLINE

Ini biasanya penyakit mahasiswa yang takut ketika
teman selesai dan adanya deadline dari kampus, ini
malah bikin konsentrasi anda buyar dan skripsi malah
bisa ga selesai atau bisa selesai tapi biasanya ga
maksimal, klo ada dealine dari kampus pastikan
sendiri kebenarannya dan anda tetap tenang aja,
soalnya belajar dari pengalaman jarang kampus yang
kegiatannya sesuai kalender akademik Doain aja molor.

10. JANGAN PERNAH MEMPREDIKSI PERTANYAAN
WAKTU UJIAN

Sudah bukan rahasia umum lagi saat akan mendekati
ujian anda pasti berpikir besok ditanya apa ya? Apa
lagi tanya teman yang sudah ujian dulu wah jangan itu
bikin pikiran, mending mulai sekarang saya ajari
memprediksi secara tepat bahwa yang akan ditanya
waktu ujian ya bab pendahuluan sampai kesimpulan
ya kan…. Nah makanya konsentrasi aja belajar biar
ilang rasa takut besok ditanya apa.

Sumber http://kendariq.blogspot.com/2009/09/cara-
mendapatkan-file-skripsi-lengkap.html

100 PERIBAHASA

100 Peribahasa Indonesia (Lengkap)
Berikut adalah 100 Peribahasa Indonesia :
1. Adat tua menanggung ragam ; makin tua makin banyak
menanggung cobaan hidup
2. Anak dipangku dilepaskan, buruk dirimba dilepaskan t:
anak sendiri disia-siakan, anak orang lain diperhatikan
3. Adat teluk timbunan kapal ; orang miskin wajar kalau
minta tolong pada orang kaya
4. Asam digunung garam dilaut akhirnya bertemunya
dibelanga ; kalau memang sudah jodoh
dimana saja pasti bertemu
5. Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga ; sifat
orang itu biasanya menurun kepada anak-anaknya
6. Air jernih ikannya jinak ; negeri yang makmur rakyatnya
juga tentram
7. Air yang tenang kadang berbahaya ; jangan dikira norang
yang tenang/pendiam itu baik
8. Air tenang menghanyutkan ; orang yang tenang pun
kadang membahayakan orang lain
9. Ada gula ada semut ; di tempat yang ada rejeki meski
dikerumuni orang
10. Ada udang dibalik batu ; ada maksud yang tersembunyi
11. Air susu dibalas dengan air tuba ; kebaikan dibalas
dengan kejelekan
12. Air beriak tanda tak dalam ; orang yang banyak bicara
sering-sering tak berilmu
13. Barang siapa yang menggali lubang akan terperosok
sendiri ; siapa yang membuat kesusahan orang lain akhirnya
dia sendiri yang mendapat kesusahan
14. Buruk muka cermin dibelah ; diri sendiri yang berbuat
salah orang lain dikorbankan/disalahkan
15. Belum beranak sudah ditimang ; Berkhayal sesuatu yang
belum dimilikkinya
16. Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian ;
bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian
17. Belum bertaji sudah berkokok ; belum kuat sudah
sumbar
18. Bersatukita teguh bercerai kita runtuh ; kekuatan ada
jika kita bersatu, dan kita akan kalah jika kita bertengkar
19. Berdikit-dikit lama-lama menjadi bukit ; sesuatu yang
sedikit jika kumpulkan akan menjadi banyak jumlahnya
20. Belum bertaji hendak bertarung ; belum mempunyai
kekuatan sudah ingin bersaing
21. Bergantung di akar lupuk ; minta perlindungan kepada
orang yang lemah
22. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing ; susah dan
senang sama-sama merasakan
23.Bermain api hangus, bermain air basah ; semua
pekerjaan akan mengalami8 akibat/resiko
24.Cepat kaki ringan tangan ; suka membantu suka
menolong
25.Daripada hidup bercermin bangkai lebih baik mati
berkalang tanah ; lebih baik mati daripada hidup
menanggung malu
26.Daripada berputih tulang lebih baik berputih mata ; lebih
baik mati dari pada menanggung rasa malu
27.Di luar bagai madu, di dalam bagai empedu ;
perbuatannya kelihatan baik tapi hatinya sangat buruk
28.Dalamnya laut dapat diukur dalam hati siapa tahu ; kita
tidak tahu apa yang sedang dipikirkan seseorang dalam
hatinya
29.Datang tampak muka, peregi tampak punggung ; datang
atau pergi di tempat tertentu, sebaiknya pamit
30.Gajah dipelupuk mata tak tampak punggung ; kesalahan
sendiri tak kelihatan walau besar, kesalahan orang lain
diketahui walaupun kecil
31.Hancur badan dikandung tanah, budi baik dikenang
juga ; jasa baik takkan terlupa walau sudah mati
32.Hati gajah sama dilapah, hati kuman sama dicacah ;
penghasilan besar ataupun kecil sama-sama dirasakan
33.Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati
meninggalkan gading ; orang baik-baik yang mati jasanya
masih dikenang dan ditiru juga
34.Hidup segan mati tak mau ; tak ada gairah hidup,
senantiasa merana dan sengsara
36.Indah kabar dari rupa ; berita baik tapi buktinya tak
memadai
37.Ibarat ayam tiada mengais tiada makan ; kalau ingin
makan bekerjalah dulu
38.Intan tetap intan walau dalam mulut anjing ; kebaikan
seseorang akan tetap baik walau dalam keadaan yang
kurang baik
39.Ibarat menggenggam bara, terasa panas dilepaskan ;
melepaskan pekerjaan setelah dirasakan makin berat
40.Ilmuyang tidak diamalkan bagai pohon yang tidak
berbuah ; ilmu yang tidak diajarkan/ditularkan kepada orang
lain sebenarnya tiada berguna
41.Jauh panggang dari api ; jawaban yang jauh berbeda dari
apa yang ditanyakan
42.Jika pandai menitih buah selamat badan diseberang ;
cita-cita akan tetap tercapi jika pandai berusaha tak mudah
berputus asa, serta sangat berhati-hati
43.Kalah membeli menang memakai ; membeli dengan
harga mahal tetapi barangnya awet
44.Katak hendak jadi lembu ; ingin meniru orang lain yang
lebih kaya dan pandai tetapi awaknya sendiri yang hancur
binasa
45.Ke bukit sama didaki, ke lurah sama dituruni ; senang
atau susah dilakukan bersama-sama
46.Ke mana kelok lilin ke sana arah angin bertiup ; ke mana
arah langkahnya situ sebenarnya tujuannya
47.Ke mana kelok lilin ke sana kelok loyang ; orang yang
meminjamkan uang dan ingin memungut laba dari
pinjamannya, maksudnya tak mungkin dihalangi
48.Kalah jadi abu, menang jadi arang ; Dalam bertengkar
siapa yang menang atau kalah sama-sama merugi
49.Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah ;
kasih sayang anak tak mampu menandingi kasih sayang ibu
kepada anak
50.Kalau tak ada api masakan ada asap ; jika ada berita
tentu ada peristiwa
51.Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya ; setiap
daerah mempunyai tata cara /aturan hidupnya sendiri
52.Lidah biawak ; orang yang bersikap tak tentu, memihak
lawan dan kawan
53.Lempar batu sembunyi tangan ; tidak bertanggung jawab
atas segala perbuatannya
54.Malu bertanya sesat di jalan ; siapa malu bertanya jika
tidak tahu tentu akan merugi
55.Mati kasturi karena baunya ; orang yang akhirnya merugi
hanya karena kelebihannya
56.Membasuh muka dengan air liur ; memperbanyak
kesalahan pada diri sendiri
57.Maksud hati memeluk gunung apa daya tangan tak
sampai ; cita-cita ada, tapi apa daya belum terlaksana
karena kemampuan yang terbatas
58.Meminta dedak kepada orang mengubik ; meminta
pertolongan kepada orang yang lemah
59.Menepuk air di dulang, terpercik muka sendiri ;
membuka rahasia keluarga, diri sendiri yang ikut rugi
60.Mulut bau madu tapi pantat bau sengat ; manis kata-
katanya tapi jahat hatinya
61.Mengembangkan ketiak amis ; membuka keburukan
keluarga sendiri kepada orang lain
62.Mencari jejak dalam air ; menegrjakan pekerjaan yang
jelas tidak mungkin dapat selesai
63.Menebas buluh serumpun ; membinasakan kaum
keluarganya sendiri
64.Menjilat air liur ; mencabut janjinya sendiri kepada orang
lain
65.Mencabik baju di dada ; membuka keburukan keluarga
sendiri pada orang lain
66.Memasang pelita di siang hari ; melakukan pekerjaan
yang sia-sia
67.Menegakkan benang basah ; melakukan pekerjaan yang
jelas sia-sia
68.Musan berbulu ayam ; menyembunyikan kepalsuan
dibalik kepandaian
69.Nasi sudah menjadi bubur ; sesuatu yang sudah terlanjut
tak mungkin diurungkan lagi
70.Orang kantuk disodori bantal ; Mendapatkan sesuatu
yang memang diharapkan
71.Pagar makan tanaman ; Seseorang merusak sesuatu yang
justru harus dijaga
72.Panas hari lupa kacang akan kulitnya ; Setelah bahagia
lupa akan asalnya
73.Panas setahun dihapus hujan sehari ; Kebaikan yang
lama dipupuk dirusakkan oleh keburukan yang hanya sekali/
sekejap
74.Pikir itu pelita hati ; dengan pikiran seseorang akan
memperoleh kebaikan yang diinginkan
75.Pucuk dicita ulam pun tiba ; mendapatkan sesuatu yang
memang diharapkan
76.Raja adil raja yang disembah, raja lalim raja disanggah ;
pimpinan yang adil dan bijaksana disenangi, pimpinan yang
kejam dilawan
77.Sedia payung sebelum hujan ; bersiap-siap sebelum
kesulitan menimpa diri
78.Setali tiga uang ; sama saja
79.Sepandai-pandai tupai melompat sesekalih jatuh juga ;
sepandai-pandai seseorang, sekali waktu ada salahnya pula
80.Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui ;
sekali bekerja berbagai masalah terselesaikan
81.Setinggi terbang bangau akhirnya kembali ke kubangan
juga ; sejauh-jauh orang merantau akhirnya pulang ke
kampung asalnya juga
82.Seperti ilmu padi makin tua makin merunduk ; seseorang
yang makin berilmu hendaknya makin tak sombong
83.Seperti pinggan dekat dengan mangkuk, salah sedikit
sudah terantuk ; dalam keluarga besar kesalahan dan
perselisihan itu terjadi diantara mereka itu biasa
84.Sebab nila setitik rusak susu sebelanga ; kebaikan
sebanyak itu rusak/cela karena keburukan yang hanya
sedikit
85.Seperti orang buta kehilangan tongkat ; seseorang yang
kebingungan karena kehilangan cara menolong diri sendiri
86.Sekali lancung keujian seumur hidup tak dipercaya ;
sekali berbuat kesalahan selamanya tak akan dipercaya lagi
87.Seorang makan cepedak semua kena getahnya ; satu
orang yang bersalah, yang lain dipersalahkan juga
88.Tangan merentang bahu memikul ; berani berbuat berani
bertanggung jawab
89.Tambah air tambah sagu ; tambah pekerjaan tambah
pula penghasilan
90.Tak ada gading yang tak retak ; tiada sesuatu di dunia ini
yang tanpa cela
91.Takut titik lalu tumpah ; takut salah sedikit malah rugi
besar
92.Tak lekang oleh panas tak lapuk oleh hujan ; tetap tegar
walaupun dalam hidupnya banyak cobaan
93.Terapung sama hanyut, terendam sama basah ; sehidup
semati meskipun banyak mendapat cobaan
94.Tangan singkat hendak mengulur ; orang yang tak
berkemampuan hendak menolong
95.Titian bisa lapuk, janji bisa mungkir ; jangan terlalu
percaya pada janji seseorang karena kerap kali janji itu tidak
ditepati
96.Tertungging bagi kodok dalam lubang ; seseorang yang
menderita berbagai kesukaran
97.Timbang berat sebelah ; perbuatan seseorang yang tidak
adil
98.Turutkan rasa binasa, turutkan hati mati ; seseorang
yang hancur menuruti hawa nafsunya
99.Umur setahun jagung, darah setampuk pinang ; orang
yang masih muda belum banyak pengalaman
100.Untung melambung, malang menimpa ; tak putus
dirundung malang

KEAJAIBAN ISTANBUL 2005

“Goal. . . Goal. . .Goal,Paolo Maldini. . !!!”
Sorak gembira di sambut oleh rekan-rekan Maldini dan
milanisti di stadion Olimpiade Antarturk. Setelah Maldini
mencetak gol di menit pertama menerima umpan tendangan
bebas Andrea Pirlo dengan tendangan voli. Bola melesat
cepat dan Dudek kiper Liverpool asal Polandia tidak mampu
menangkapnya. AC Milan pun memimpin 1-0 atas Liverpool
yang memang tidak di unggulkan saat itu.
Aku pun terkejut dengan atas gol cepat itu. Sebagai
pendukung Liverpool,Liverpudlian sejati. Aku agak kecewa
dengan kelengahan pertahanan Liverpool sehingga AC Milan
mampu mencetak gol awal. Maklum,saat itu aku sedang
taruhan dengan temanku yang merupakan Milanisti. Saat itu
aku menonton di layar kaca sharp 21 inc di rumahku
sendirian. Untuk memanjakan perut ketika menonton aku
lengkapi malam itu dengan secangkir kopi panas dan
gorengan singkong. Teman ku pun langsung sms yang
kalimatnya
“Sudah satu kosong kawan”.
“masih babak pertama,waktu masih panjang” balas sms ku
kepadanya.
Kaka membawa bola lalu mengumpannya kepada Hernan
Crespo. Nama terakhir itu pun dengan mudah menjebol
gawang Dudek. AC Milan unggul 2-0 dengan begitu cepatnya.
Aku pun hanya bisa memegang kepala. Sambil melihat
televisi yang menanyangkan kejadian tersebut. Tampak
olehku para suporter AC Milan di Stadion sudah tertawa dan
menari gembira. Apa lagi tak lama kemudian,lagi-lagi Hernan
Crespo mencetak gol kedua nya berkat umpan Kaka Kembali.
Pemain Liverpool tampak kecewa dan hanya menunduk
kepala. Malu terhadap suporter mereka yang telah
mendukung di stadion maupun yang menonton di televisi
sendirian atau pun yang menonton bareng dengan keluarga
dan teman-temannya.
Babak pertama AC Milan sudah unggul 3-0. Liverpool benar-
benar di serang terus oleh AC Milan. Aku tahu AC Milan
mempunya deret bintang kelas atas. Di sektor pertahanan
ada Dida,kiper no 1 Brazil. Maldini,Stam,cafu,dan Nesta
merukan bek kelas dunia. Sedangkan di sektor tengah lebih
kuat lagi. Ada Kaka the next Zico,ada Seedorf ,ada Andrea
Pirlo master tendangan bebas,lalu Gattuso si Badak Sumbu.
Apa lagi di sektor
Penyerang mereka yang merupakan top skorer Liga Italia
Hernan Crespo dan Shevcenko. Sedangkan Liverpool yang
terseok-seok di Liga Inggris hanya punya
Hyypia,Carragger,Riise ,Kewell dan Steven Gerrard yang
merupakan pemain berkelas. Sedangkan Pelatih AC
Milan,Carlo Ancelotti berpengalaman di Liga Champion.
Berbeda dengan Rafa Benitez yang bisa membawa Valencia
menoreh juara Liga Spanyol mengalahkan 2 raksasa Real
Madrid dan Barcelona yang sering mendominasi liga itu.
Sambil menunggu babak ke 2 di mulai. Aku sms kepada
temanku dan mengaku kalah. Aku pun sudah berpikir untuk
menyerahkan duit taruhan esok harinya. Sambil menguyah
goreng singkong yang sudah dingin. Aku kembali menetapkan
pandangan mataku ke televisi. Walau sedikit
mengantuk,tetapi semangat untuk menonton sampai akhir
mengalahkan rasa ngantukku itu.
Babak 2 di mulai. Berawal dari umpan crossing Riise,bola di
tanduk dengan mudah oleh Sang Kapten Steven Gerrard
untuk menjebol perawan gawang Dida. Liverpool merubah
skor menjadi 3-1. Steven Gerrard pun menggerakan
tangannya untuk mengangkat semangat rekannya semua dan
para suporter Liverpool di stadion. Aku pikir itu merupakan
gol hiburan semata. Tapi,Pemain no punggung sebelas,
Smicer yang bermain di babak kedua mampu mencetak gol
lewat tendangan jarak jauhnya. Aku pun spontan berdiri dan
tersenyum ikut merayakan gol Smicer. Skor berubah menjadi
3-2. Aku melihat Carlo Ancelotti mulai cemas atas kejadian
itu. Aku pun mulai semangat sms dengan temanku dan mulai
yakin Liverpool dapat mengejar ketinggalan. Keyakinanku pun
terbayarkan ketika di menit 60,Milan Baros memberi umpan
backheel ke Steven Gerrard yang sudah nyaman untuk
mencetak gol justru di langgar Gattuso di kotak pinalty. Wasit
pun meniup peluitnya dan menyatakan Liverpool
mendapatkan hadiah pinalti. Mendadak aku menjadi
tegang,begitu juga para suporter Liverpool di Stadion. Mata
tertuju kepada Xabi Alonso yang akan menjadi algojo
tendangan pinalti. Aku pun cemas,karena tampak wajah Xabi
Alonso tegang dan tidak tenang. Xabi Alonso pun menendang.
Bola mampu di blok Dida ketika tendangan Alonso ke sisi
kanan mampu di baca oleh Dida. Bola rebound itu di rebut
kembali oleh Xabi Alonso dan tendangan kerasnya mampu
membungkam mulut Milanisti. Karena,dengan tendangannya
Liverpool dapat menyamakan kedudukan menjadi sama 3-3.
Aku pun kembali merayakan gol penyamaan itu dengan
penuh semangat dan terharu ketika seluruh pemain memeluk
Xabi Alonso. Perjuangan tiada akhir mereka mampu
mengubah situasi. Apa lagi ketika peluang hebat Shevcenko
mampu di blok Dudek. Dudek hanya mengangguk tak percaya
dengan penyelamatannya. Riise bahkan sampai mencium pipi
Dudek untuk mengucapkan rasa terima kasih dan pujiannya
atas penyelamatan Dudek.
Hingga Extra time kedua tim tak mampu mencetak gol lagi.
Lalu di adakanlah pertandingan pinalti.
Terdapat pemandangan menarik,dimana Dudek bergerak ke
kanan dan kiri untuk mengganggu konsentrasi penendang AC
Milan.
Hasilnya luar biasa,Serginho gagal memasukan bola. Bolanya
melambung ke atas kanan gawang duduk. Di ikuti Pirlo yang
juga gagal. Sedangkan Liverpool hanya Riise yang gagal.
Dudek pun menjadi pahlawan,ketika tendangan Shevcenko
mampu di blok olehnya. Pemain Liverpool pun langsung
mengejar Dudek merayakan kemenangan mereka. Berbeda
dengan babak pertama,Kini giliran pemain AC Milan
menunduk kepala. Tidak percaya akan kekalahan mereka
setelah bisa unggul 3-0.
Aku pun sangat senang,karena tidak jadi kalah dan dapat
uang besok hari setelah memenangkan taruhan bersama
teman. Baju merah berkibar di stadion. Melambangan
semangat merah yang tak padam. Di Stadion ada yang
menangis bahagia,ada yang mencium temannya dan Pacarnya
atau Istrinya ketika Liverpool menjadi juara Liga Champion
2005. Nyanyian You Never Walk Alone menggema di Stadion
dan Seluruh dunia.
Pertandingan yang luar bisa sehingga di buat filem.

BORNEO

Borneo
Tanah tumpah darahku
Tempat awal bernafasku
Borneo
Tanah makmur bersuku bangsa
Tanah aman dari sengketa
Borneo
Beraneka seni budaya
Beraneka bicara bahasa
Borneo
Bukankah kita Indonesia?
Ya. . Negara yang Merasa satu
Negara yang Mengaku menegakkan sila kesatuan
Apa itu Keadilan jika banyak wilayah yang di abaikan?
Apa itu Persatuan jika masih banyak tercerai berai
Apa itu Kemerdekaan bila kita sendiri merasa terjajah?
Borneo
Jangan Sedih,kami masih Rakyatmu
Masih berada di tanahmu
Masih ada di garis wilayahmu
Kami adalah penerus kemerdekaan untukmu.

by : Riko Reynaldi KSJL

AC MILAN DAN MANCHESTER UNITED ” 2 RAKSASA YANG MENDERITA “

Sepandainya Tupai melompat pasti akan jatuh juga. Mungkin itu pepatah yang cocok untuk Kedua Klub Hebat di Liga Italia AC Milan dan Klub Hebat di Liga Inggris Manchester United. Musim 2013-2014 ini keduanya tak bertaji di Liga dan Liga Champion. AC Milan yang menargetkan juara Liga Italia harus puas tertinggal jauh dengan Juventus bahkan mungkin tidak masuk Liga Champion musim depan. Kembalinya Kaka ternyata belum mampu meningkatkan permainan AC Milan. Apa lagi Allegri di gantikan Oleh Pelatih Eks AC Milan Clarence Seedorf. Mungkin ingin mengikuti jejak Barcelona yang dulu sukses dengan Eks pemain menjadi Pelatih. Tapi,Seedorf sama sekali gagal dalam meningkatkan kualitas AC Milan. Masuknya Keisuke Honda dan Adel Taraabt justru pemainan AC Milan tidak berkembang. Balotelli pun bermain tidak konsisten. Tidak jauh dengan Manchester United pemegang Juara Liga Inggris terbanyak sekarang,sejak Master of Old Traford Sir Alex Ferguson turun tahta dan menyerahkan tahtanya kepada Adik sepeguruannya David Moyes. Manchester United justru Melempem. Bahkan punya nasib yang sama dengan AC Milan tidak masuk dalam Liga Champion musim depan. Padahal tidak banyak yang berubah dari susunan pemain. Mungkin karena Giggs dan Scholes yang menjadi kakek hingga Para Pemain Manchester tidak ada lagi yang bisa berkreasi di tengah. Fellaini datang belum mampu melakukan perubah yang bagus. Duet Rooney dan Van Versie sebenarnya masih tajam seperti Pisau Ikan, namun. Pertahanan Man Utd sangat Kropos. Mungkin kurang susu. David Moyes menjadi Dalang Utama penampilan merosot MU. Banyak Fans MU mengkhawatirkan tangan dingin Moyes. Namun,ini beban Moyes sendiri yang bersedia menerima tantangan untuk memegang Klub yang selalu juara. Apakah Moyes dan Seedorf mampu menghilangkan derita? kita tunggu musim selanjutnya. . . .